Tuesday, April 9, 2013

Soft skill seorang entrepreneur

Hari ini memberikan pelajaran berharga kepada saya sebagai seorang yang memiliki usaha. Ada satu hal yang harus saya pertimbangkan yaitu masalah skill yang berhubungan dengan daya ingat. Simple, tetapi sangat berarti.

Tadi pagi saya tidak menemukan charger laptop saya di tas dan sempat membuat saya panik juga, akibatnya. Kepanikan ini berhubungan dengan bagaimana saya bisa bekerja kalau charger laptop saya hilang. Ngga bisa kerja dong.... Pastinya.

Hal ini membuat saya kurang fokus jadinya bekerja. Dari pagi, mengingat-ingat terakhir menggunakan charger tersebut. Aha... Akhirnya ingat juga, he-he....

Apa lesson learned yang saya dapatkan dari kejadian tadi pagi adalah berhubungan dengan daya ingat. Benar-benar simple, akan tetapi berdampak sangat dahsyat bagi pekerjaan saya. Dampaknya negatif, kalau tidak bisa ingat tersebut.

Skill ini harus diperhatikan. Daya ingat harus ditingkatkan. Banyak janji, komitmen, transaksi yang ada dalam bisnis kita. Dan itu semua harus berjalan sesuai dengan yang diharapkan oleh customer kita.

Satu hal yang harus kita lakukan untuk meningkatkan daya ingat adalah fokus pada apa yang kita dengar, lihat, baca, rasakan, ucapkan. Setiap hal tersebut akan berhubungan dengan daya ingat. Fokus ini akan membantu kita sehingga mudah mengingatnya.

Yang kedua adalah ketahui, pahami dan hayati. Hal ini penting karena berbagai aspek yang harus diingat tersebut harus jelas. Kejelasan akan membantu daya ingat tersebut.

Yang ketiga, memberikan konteks apa yang kita bicarakan, diskusikan dan lain-lain. Konteks ini akan mempermudah mengingat tersebut. Konteks sangat penting.

Yang keempat, terus belatih untuk mengingat apa yang kita bahas,diskusikan dan lain-lain. Berlatih meningkatkan daya ingat itu sangat penting. Jadi, latih-latih dan latih.

Semoga daya ingat kita bertambah dan akan mendekatkan kita pada kesuksesan dalam bisnis ini... Amin
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment