Thursday, April 18, 2013

Kehilangan reseller

Sore ini saya mendapatkan pelajaran berharga dari salah satu anak binaan di gimb foundation, anak binaan yang berbisnis kuliner berupa basreng. Enak produknya dan sudah dikenal dgn baik oleh banyak konsumen.

Permasalahan yang dihadapi berhubungan dengan reseller produk beliau. Reselller adalah ujung tombak perusahaan. Ujung tombak yang menjembatani produk kita dengan konsumen akhir.

Hati-hati dengan reseller. Dalam kontek marketing, mereka adalah business market bagi perusahaan. Mereka adalah konsumen perusahaan dan bukanlah semata-mata reseller dalam konteks pihak luar perusahaan.

Sebagai konsumen, mereka memiliki need, want dan demand. Mereka memiliki kebutuhan, keinginan dan permintaan, hal ini harus dipahami oleh para manajemen perusahaan.

Terus, kenapa mereka pindah? Disinilah konsep perilaku konsumen juga berpengaruh. Mereka adalah individu yang dipengaruhi oleh internal dan external factor dalam diri mereka.

Ada persepsi, motivasi, learning, personality dan attitude mereka yang adalah faktor internal. Faktor eksternal ada di family, social dan budaya. Faktor ini harus kita dalami dalam seorang konsumen.

Kalo disederhanakan pada akhirnya, bagaimana kita memahami konsumen dengan baik dan menjaga hubungan dengan mereka.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment