Tuesday, April 2, 2013

Jangan bisnis tanpa rencana

Kelimat ini semakin terngiang-ngiang dibenak saya ketika melihat bisnis-bisnis yang berguguran dari para entrepreneur yang sangat berapi-api diawal memulai bisnis mereka. Semangat saja tidak cukup, mungkin kalimat inilah yang saya ingat pertama kali melihat kondisi mereka yang gagal dalam bisnis.

Setelah saya lihat, wawancara dan selanjutnya analisis atas fakta yang saya temui dilapangan, kondisi ini berhubungan dengan aktivitas bisnis yang mereka jalankan. Ironis sekali melihatnya. Pertanyaan saya, kok bisa gitu loh....

Aktivitas bisnis yang relevan dengan kejadian ini adalah bagaimana mereka menjalankan bisnis tanpa manajemen yang baik. Betul, bisnis yang berhasil diawali oleh semangat yang menggebu-gebu. Akan tetapi, tidak akan cukup untuk menunbuhkembangkannya.

Saya jadi ingat dengan perencanaan dalam manajemen sebagai langkah awal yang harus dilakukan oleh para entrepreneur yang menjalankan fungsi manajemen. Perencanaan yang baik akan membuat aktivitas bisnisnya jadi efektif dan efisien untuk mencapai tujuan.

Rencana tersebut dalam konteks bisnis yang seluruhnya berhubungan dengan manajemen strategi sampai dengan fungsi-fungsi manajemen pada tataran program, biaya dan prosedur.

Alamak.... Banyak kali, kata teman saya sambil bercanda. Ya itulah, kata saya, kalo kita sudah memilih untuk jadi pebisnis dan menumbunhkembangkan bisnis tersebut, sudah wajib hukumnya menjalankan bisnis dengan pengetahuan.

Pertanyaan sekarang, siapkah untuk menjadi entrepreneur, tapi tetap belajar dan bekerja? Itu pilihan kita semua... Rasanya sih wajib...

Selamat pagi dan selamat beraktivitas buat bisnisnya... Sukses buat kita semua dan salam tumbuh kembangkan bisnis dengan knowledge
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment