Sunday, June 23, 2013

Tidak sesuai harapan dengan kenyataan

Kemaren, saya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Pengalaman proibadi yang membuat saya harus berfikir keras. Tapi, akhirnya, saya harus sadar diri. Semuanya itu memang ada yang mengatur.

Apa pengalamannya? Tidak sesuai antara harapan dengan kenyataan. Meskipun sudah berusaha maksimal untuk itu. Stress? Iya, kecewa? Apalagi. Itu yang terjadi.

Apa pelajaran yang saya dapatkan kemaren? Pertama, menyadari, semuanya itu memang Allah yang mengatur. Allah yang maha kuasa. Selama ini, alhamdulillah, banyak yang sesuai rencana, tetapi, kemaren, benar-benar disadarkan Allah yang maha kuasa.

Kedua, berusaha maksimal dalam setiap apa yang kita kerjakan. Do the best adalah awalnya. Dari memulai sampai selesai apa yang dikerjakan.

Ketiga, rupanya ada hikmah dibalik itu, insyaAllah, akan ada selalu hikmah dibalik apa itu keputusan Allah. Jangan berburuk sangka dulu. Yakin pada Allah.

Keempat, membuat plan a, plan b, plan c. Dalam hal ini, saya harus realistis. Tidak hanya mengandalkan pada satu rencana. Kegagalan dalam satu rencana, harus diantisipasi cepat oleh rencana lainnya.

Kelima, fokus pada proses yang akan dilalui untuk mencapai tujuan. Proses yang baik akan menghasilkan hasil yang baik. Demikian sebaliknya.

Keenam, fokus pada hasil, hasil yang sudah direncanakan harus tetap diupayakan untuk dicapai. Rencana tadi adalah bagaimana kita mencapainya. Jangan tidak fokus pada hasil. Hal ini menjadi tujuan kita. Saya tidak akan melenceng kemana-mana.

Ketujuh, berdoa kepada Allah dengen sepenuh hati. Yakin Allah sudah memeberikan yang terbaik buat saya. Meskipun menurut saya itu bukan terbaik, tetapi, Allah kasi yang terbaik.

Syukur kepada Allah atas pengalaman kemaren. Mengingatkan saya akan makna yang mendalam dalam hidup ini.

Selamat hari minggu dan kumpul dengan keluarga.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment