Tuesday, July 9, 2013

Menghadapi keputusan keputusan pemerintah

Hmmm.. Pelajarn berharga setiap tahun bagi para entrepreneur. Pelajaran bagaimana menghadapi keputusan pemerintah. Khususnya keputusan yang berhubungan dengan awal ramadhan. Masalah buat loe, canda teman saya.

Ya iyalah, pasti jadi masalah buat saya. Masalah yang sangat penting untuk bisnis saya. Apa itu? Kepastian keputusan pemerintah yang berhubungan dengan lingkungan bisnis kita. Apa itu? Khususnya keputusan yang berdampak dari politik.

Penetapan ramadhan yang berbeda oleh pemerintah dan satu ormas islam yaitu muhammadiyah. Dalam menetapkan awal ramadhan. Tapi, saya tidak membahas awal ramadhan tersebut.

Pelajaran yang saya dapat adalah pertama, memang nyata perubahan lingkungan bisnis itu adalah pasti. Kedua, perubahan keputusan pemerintah berdampak kepada bisnis kita.

Ketiga, kita harus melihat perubahan ini adalah "seni" dalam bisnis. Inilah yang membedakan kita dengan pegawai yang menjalankan tugas mereka relatif stabil. Keempat, menganalisis dampak perubahan lingkungan ini buat bisnis kita.

Kelima, meminimalisir kelemahan kita. Keenam, memaksimalkan kekuatan diri sehubungan dengan perubahan kebijakan atau keputusan pemerintah tadi.

Keenam, meminimalisir ancaman dari perubahan lingkungan. Ketujuh, memaksimalkan pemanfaatan peluang dari keputusan sehubungan dengan penetapan awal ramadhan yang berbeda tersebut.

Mungkin, bagi sebagian orang, perubahan ini tidak terlalu signifikan, akan tetapi, bagi saya, ini adalah penting bagi bisnis yang dijalankan. Semakin nyata bahwa perubahan lingkungan tersebut adalah pasti.

Sukses buat kita hari ini dan selamat berpuasa bagi teman-teman yang sudah mulai puasa ya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment